Kamis, 12 Januari 2012

TUGAS PKN


Nama    : Sri Nurhayati
NPM      : 16511874 / 1PA10
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PEMERINTAHAN YANG BAIK


Apa sih Pemerintahan yang baik itu ? apakah sama artinya dengan seorang ibu yang Baik ? Guru yang baik ? atau Pengusaha yang baik ? … Apakah kata  ‘baik’ itu sama artinya untuk subjek yang berbeda-beda tadi ? Baiklah, saya akan mencoba mengulas tentang Pemerintahan yang baik menurut pandangan saya, sebagai seorang mahasiswi. seorang ibu, dan tentunya sebagai warga negara.

Sebelumnya, mari kita lihat bangsa Indonesia  sekarang ini, setelah lebih dari 60 tahun merdeka, dengan pertanyaan-pertanyaan dalam benak kita :
-        *   Masih adakah  masyarakatnya yang terbelenggu dalam kemiskinan, kelaparan, kebodohan, kekerasan, dan ketidak adilan ?
-       *   Masih adakah daerah-daerah di wilayah Indonesia yang belum tersentuh  pemerataan pembangunan ekonomi ?
-         *  Masih adakah para pemegang kekuasaan dan pemilik modal yang terus memperkaya diri mereka dan kelompoknya seakan tak pernah cukup ?
-         *  Masih adakah para elite politik yang bekerja hanya untuk kepentingan partai politiknya ?
   Apa jawaban yang paling jujur dari dalam hati kita ? … pasti jawabnya MASIH ADA.

Sebagai seorang warga negara kita tentu mengharapkan hal-hal tersebut sudah tidak ada lagi di bumi pertiwi kita tercinta. Kita mengharapkan Pemerintahan yang mampu menjalankan tugas-tugasnya dan membawa bangsa dan masyarakat Indonesia menuju Masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera serta berperan serta di dunia internasional untuk kemajuan bangsa Indonesia sendiri. Sebagai seorang ibu tentunya juga mengharapkan anak-anaknya dapat membangun Negara Indonesia menjadi lebih baik  dan mengharumkan nama bangsa Indonesia. Sebagai seorang mahasiswi tentunya saya akan belajar dengan baik dan mengamalkan ilmu yang saya dapat untuk masyarakat.

Pemerintahan yang baik harus memiliki konsep-konsep yang jelas agar masyarakat dapat menilai dan mengawasi jalannya pemerintahan. Apabila pemerintah keluar jalur dari konsep tersebut berarti masyarakat berhak meminta pertanggungjawaban pemerintah. Konsep-konsep tesebut adalah sebagai berikut :
-        -    Pemerintah harus mendengar aspirasi dari masyarakat secara langsung, turun ke desa-desa dan ke pelosok-pelosok wilayah terpencil. Dengan begitu berita dan fakta yang didapat benar-benar murni tanpa rekayasa atau dipolitisasi untuk kepentingan golongan tertentu. Kadangkala suara rakyat tidak sampai ke DPR atau DPD.  Keinginan dan kepentingan rakyat tidak tersalurkan ke pemerintah pusat ataupun daerah. Apabila Pemerintah tidak tahu keinginan dan kebutuhan rakyat, bagaimana bisa pembangunan berjalan dengan sukses.
-     -  Penegakkan hukum harus benar-benar berpihak kepada semua lapisan masyarakat, selama ini masih ada kasus-kasus hukum malahan melindungi pihak-pihak tertentu padahal jelas kesalahannya. Hukum kadangkala tidak seimbang. Orang yang buta hukum malah dimanfaatkan sehingga keadilan terasa mahal bagi orang tersebut. Rakyat harus diberikan pengetahuan tentang kesadaran hukum sehingga menyadari hak dan kewajibannya sebagai warga Negara, Dengan pengetahuan tentang hukum ini, masyarakat menjadi bangsa yang tentram dan damai.
-        -   Perilaku bersih dari korupsi, bekerja tanpa pamrih dan terus mencoba belajar sebaiknya diterapkan kepada orang-orang yang bekerja dalam pemerintahan. Pemerintah harus mau menerima kritik dan saran dengan lapang dada, mau menerima kesalahan dan belajar dari kesalahan itu. Pemerintah harusnya membuat system dimana korupsi tidak bisa lagi hidup di muka bumi ini. Kasus korupsi di Indonesia sudah semakin parah. Dari tingkat kelurahan sampai kementrian, dari yang hanya puluhan ribu sampai milyaran, uang Negara menghilang karena keserakahan orang-orang tertentu. Korupsi itu bagaikan penyakit kanker, yang merajalela dalam tubuh manusia. Tidak kelihatan gejalanya tetapi sewaktu-waktu akan keluar dan sudah mencapai stadium tinggi. Begitu juga dengan korupsi di pemerintahan, sepertinya sudah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari, namun suatu saat akan ketahuan juga dan yang menanggung akibatnya adalah keluarga dan masyarakat.
-        -  Pemerintah harus lebih jujur dan terbuka kepada masyarakat terhadap segala hal yang menimpa bangsa ini. Kejujuran memang menjadi barang langka pada zaman sekarang ini. Orang yang jujur malah tertindas, dikecam dan terabaikan. Dengan adanya kejujuran dan keterbukaan dari Pemerintah diharapkan masyarakat akan lebih percaya terhadap kinerja pemerintah.
-      -  Kemiskinan dan kebodohan adalah awal dari kehancuran, maka dari itu hal yang paling utama adalah pemerintah harus lebih memfokuskan kepada pendidikan dan pembangunan ekonomi. Sebaiknya pendidikan diberikan gratis sampai tingkat SMA. Dan itu berlaku di seluruh wilayah Indonesia tanpa kecuali. Pembangunan di desa-desa pun perlu ditingkatkan agar  taraf hidup ekonominya tidak ketinggalan  dengan di daerah perkotaan. Pemerintahan yang baik adalah memperhatikan dan mau membangun seluruh wilayah di Negara Indonesia.
-       -  Pemerintahan yang baik juga mengedepankan perekonomian rakyat, bukan perekonomian sekelompok orang. Saat ini makin terlihat yang kaya semakin kaya dengan ekspansi usahanya yang merambah di segala bidang. Orang-orang pemerintahan memanfaatkan kekuasaan dan koneksinya untuk memperkaya diri sendiri serta kelompoknya. Pemerintah perlu membantu dan mendorong usaha ekonomi rakyat kecil dan menengah yang banyak tersebar di daerah-daerah dengan menyediakan fasilitas-fasilitas seperti pinjaman dana dari bank, pendidikan dan penyuluhan kewirausahaan, dan tenaga-tenaga terampil dari kota.
-    - Pemerintahan yang  baik juga harus bisa melindungi rakyatnya dari kekerasan, ketidaktentraman, dan perpecahan karena perselisihan agama dan suku. Masyarakat harus bisa merasa aman untuk melakukan kegiatan ekonomi, social dan politik. Pemerintah harus menciptakan suasana yang tentram dan damai dalam kehidupan sehari-hari.

Dari ulasan tentang Pemerintahan yang baik di atas, kita mengharapkan Pemerintah dapat melaksanakan kewajibannya untuk membawa bangsa ini ke kehidupan yang lebih baik bagi bangsa dan negaranya. Janganlah karena ulah segolongan orang yang tidak bertanggung jawab maka semuanya terkena getahnya. Masalah-masalah akan selalu bermunculan dan kita harus yakin bahwa bangsa ini akan terus berusaha untuk tetap bangkit dan Berjaya di mata internasional. Semoga generasi berikutnya dapat memimpin PEMERINTAHAN YANG BAIK dari sebelumnya. Amin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar