Kamis, 12 April 2012

MODEL BELAJAR MENGAJAR


MODEL  BELAJAR  MENGAJAR

INQUIRY CYCLE dari Kath Murdoch memperkenalkan Model Belajar Mengajar dengan 6 tahapan proses, sbb :

1.       TUNING-IN
Pada tahapan pertama ini guru mengajukan pertanyaan2 secara umum tentang materi yang akan dibahas. Maksud dari pertanyaan tersebut adalah untuk membangkitkan minat dan rasa keingintahuan/ketertarikan murid-murid.

2.       FINDING-OUT
Dengan rasa ketertarikan dan keingintahuan murid, maka mereka akan mencari lebih banyak lagi informasi, dimana mereka bisa mendapatkannya dari internet, perpustakaan, majalah, Koran dll.

3.       SORTING-OUT
Data dan informasi yang telah didapat kemudian disortir atau dipilih-pilih  mana yang perlu atau tidak.

4.       GOING FURTHER
Tahapan ke-4 ini adalah mengerjakan soal-soal yang lebih rumit, masalah yang lebih kompleks

5.        CONCLUSION and REFLECTION
Setelah melalui keempat proses sebelumnya, murid mengintrospeksi diri sendiri sampai dimana pemahaman terhadap materi yang telah diberikan dan kemudian membuat kesimpulan.

6.       ACTION
Dengan bertambahnya pengetahuan dari materi yang telah dibahas, murid diharapkan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan diterapkannya INQUIRY CYCLE di dalam kelas, diharapkan murid lebih dapat memahami, bukan hanya menghafal, dan juga murid lebih aktif dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar