Kamis, 29 Maret 2012

Apa yang dibutuhkan dari lulusan universitas

APAKAH YANG DIBUTUHKAN DARI LULUSAN UNIVERSITAS BAGI DUNIA KERJA ?

Umumnya  perusahaan mencari  pegawai yang sudah berpengalaman  sehingga perusahaan tidak  perlu mengajarinya lagi. Calon pegawai yang sudah memiliki pengalaman kerja lebih memiliki kemampuan bekerja yang sesuai dengan lowongan yg dibutuhkan dan dapat berkontribusi langsung.
Namun bagi mahasiswa yang baru lulus kuliah jangan merasa minder dan putus asa untuk melamar pekerjaan. Bila selama menjadi mahasiswa aktif berperan serta dalam organisasi kemahasiswaan, kegiatan ekstrakurikuler  ataupun organisasi di masyarakat, maka itu dapat menjadikan nilai tambah .
Dalam melamar pekerjaan ke perusahaan, perhatikan kebutuhan lowongan  dan kualifikasi pegawai yang diinginkan oleh perusahaan tersebut. Bila pelamar belum memiliki pengalaman,  secara umum, perusahaan akan membutuhkan calon pegawai sbb :
1                   Mampu menyesuaikan diri dengan cepat
2                   Mau belajar dan bekerja keras
3                   Memiliki pengalaman berorganisasi dan kegiatan
4                   Berinisiatif dan kreatif
5                   Berwawasan luas
6                   Mampu menyelesaikan masalah
7                   Dll.
Dengan berpengalaman organisasi, pelamar bisa diperkirakan memiliki kemampuan bekerjasama dengan orang lain dan bisa berkomunikasi dengan baik.
Jadi, Selain disiplin ilmu akademis yang dibutuhkan perushaan, ada hal lain yang dibutuhkan yaitu kemampuan Soft Skills pelamar juga diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar